Senin, 15 November 2010

Sejarah ebay


Ebay adalah situs Jual-beli yang paling terkenal dan laku dipergunakan oleh masyarakat di dunia. Situs web pelelangan online ini ditemukan di San Jose, California, pada tahun 1995 oleh Programer Komputer Prancis kelahiran Iran yang bernama Pierre Omidyar.

Item barang yang pertama dijual di Ebay adalah tongkat laser yang rusak dengan harga $14,83. Herannya, Omidyar di hubungi oleh seorang pembeli dan dia menyuruh Omidyar untuk menjelaskan kerusakan Tongkat laser tersebut. Didalam emailnya, Si pembeli mengatakan bahwa dia seorang pengumpul Tongkat laser yang rusak.

Chris Agarpao sebagai pewagai pertama di eBay dan Jeffrey Skoll disewa sebagai presiden pertama perusahaan tersebut pada tahun 1996. Pada bulan November 1996, eBay mencapai persetujuan lisensi pertama, yaitu dengan Perusahaan Perjalanan Pelelangan Elektronik yang berkerja sama dengan SmartMarket Technology untuk menjual tiket pesawat dan produk-produk perjalanan lainnya.

Pada bulan September 1997, perusahaan ebay ini secara resmi merubah namanya menjadi AuctionWeb to eBay, yang sebelumnya bernama Echo Bay Technologi Group, yang merupakan perusahaan konsultasi Omidyar. Omidyar telah menaruh namanya di daftar domain yaitu *****(dimana domain ini belum lama ini baru dijual) tetapi ternyata ditemukan dengan nama Echo Bay Mines. eBay menjadi perusahaan masyarakat pada 21 September 1998 dan kemudian Omidyar dan Skoll menjadi billiuner, yang kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh PayPal pada tanggal 14 Oktober 2002.

Ebay memiliki jumlah pengunjung paling sedikit 902 juta / per tahunnya. Dan ini tiga kali angka (situs ini merupakan salah satu situs jual-beli terbesar juga).

pendiri ebay, Pierre Omidyar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar